4 Langkah dalam Investasi Rumah dan Properti untuk Pemula

4 Langkah dalam Investasi Rumah dan Properti untuk Pemula

Bagi sebagian orang, investasi dalam bentuk rumah atau properti merupakan sebuah hal yang cukup beresiko dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena semua jenis investasi memiliki resiko tersendiri dan juga mengharuskan sang investor untuk mengeluarkan biaya. Namun, dengan mempelajari dasar-dasarnya, upaya untuk memiliki investasi rumah di Palembang atau di kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia akan membantu setiap orang untuk bisa memulai investasi mereka ke arah yang benar.

Mengenali Investasi Properti yang Baik

Langkah pertama yang perlu anda ketahui adalah mengenali jenis properti yang memiliki nilai yang baik dan berpotensi untuk membawa keuntungan yang besar di masa yang akan datang. Properti yang seperti ini pada dasarnya adalah properti yang memiliki fitur-fitur seperti:

  • Dekat dengan area publik atau lokasi keramaian, atau merupakan properti yang berada di jalur pembangunan sesuai dengan rencana dari pemerintah daerah setempat
  • Memiliki kualitas fisik bangunan yang berkualitas tinggi
  • Minim dari potensi bencana alam seperti banjir ataupun terkena letusan gunung berapi
  • Aman dan nyaman dengan tingkat kejahatan yang sangat rendah
  • Berpotensi untuk dikembangkan di masa yang akan datang

Memilih Jenis Properti

Setelah mengenai jenis properti seperti apa yang menawarkan keuntungan, maka sudah saatnya anda memilih jenis properti yang akan anda beli. Properti itu sendiri meliputi banyak pilihan seperti rumah dalam berbagai ukuran, apartemen, kondominium dan berbagai pilihan lainnya.

Di Indonesia sendiri, jenis properti yang paling umum, paling mudah ditemukan dan paling populer adalah investasi dalam bentuk rumah tinggal. Tingkat permintaan akan rumah tinggal semakin bertambah setiap tahunnya dan hal ini dijawab dengan semakin bertambahnya jumlah rumah dan perumahan yang dibangun di berbagai area di seluruh tanah air. Sebagai pengecualian, di daerah Jakarta dan sekitarnya, jenis properti yang banyak dibangun belakangan ini adalah apartemen, dimana jenis properti seperti ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini akan tempat tinggal di lahan yang semakin terbatas.

Memilih Cara Terbaik dalam Pencarian Properti

Setelah memilih jenis properti seperti apa yang akan dibeli dan pastinya juga menetapkan budget untuk properti tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memilih metode untuk mencari properti yang sesuai dengan keinginan. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh dimana anda bisa memilih satu cara atau bisa juga menggunakan beberapa cara sekaligus untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, seperti:

  • Menggunakan marketplace yang khusus menampilkan daftar rumah dan properti yang dijual di internet
  • Menggunakan jasa broker
  • Menggunakan jasa real estate atau agen perumahan
  • Mencari informasi melalui teman, kenalan ataupun anggota keluarga

Kebanyakan orang mengkombinasikan cara-cara diatas untuk menemukan rumah atau properti yang mereka inginkan. Proses ini merupakan proses yang tergolong lama karena disini anda perlu melihat secara langsung rumah dan properti yang ada untuk bisa menjatuhkan pilihan.

Memilih Jenis Pembiayaan

Setelah menemukan rumah yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis pembiayaan untuk membayar harga rumah tersebut. Anda bisa memilih salah satu diantara beberapa jenis pembiayaan seperti:

  • Pembayaran tunai
  • Pembiayaan dengan menggunakan KPR dari bank
  • Pembiayaan dari sektor swasta
  • Menggunakan sistem kredit in-house yang berarti anda membayar langsung harga rumah kepada developer dengan cara mengangsurnya.

Setelah proses pembiayaan selesai, maka properti tersebut resmi menjadi milik anda. Disini anda memiliki kuasa penuh untuk mengatur penggunaan investasi rumah di Palembang yang anda miliki baik untuk ditempati, disewakan atau untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *